Thursday, 23 March 2017

5 Konflik yang mungkin bibit-Bibit kepada Perang Dunia Ke-3 ??

 


Dunia mungkin terlihat tenang dan kondusif sekarang ini. Namun, tahukah kita sedang di masa di ini manusia sedang was-was menunggu sebuah momen besar yang sangat mungkin akan terjadi. Ya, Perang Dunia III yang khabarnya sudah bergaung sejak beberapa tahun lalu.

Terjadinya Perang Dunia tak mesti harus selalu disebabkan karena hal-hal besar, bahkan sesuatu yang mudah seperti salah paham saja boleh jadi penyebabnya. Kebelakangan ini, ada cukup banyak pergeseran yang berpotensi membangkitkan bara perang yang Dan berikut ini adalah beberapa konflik yang sedang terjadi dan kemungkinan besar mungkin menjadi bibit-bibit kepada Perang Dunia III.

Konflik Turki VS Belanda

Terbaru, Turki juga mulai berseteru dengan Belanda. Puncanya adalah karena presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan marah diatas tindakan kerajaan Belanda yang melarang dua menteri Turki untuk menghadiri sebuah kempen bagi ekspatriat di Rotterdam, Belanda.
Konflik PD3
Menteri Urusan Keluarga, Fatma Betul Sayan Kaya dan Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu yang sebelumnya dijadwalkan menghadiri acara tersebut juga dilarang hadir. Acara itu adalah bertujuan memberi sokongan bagi Erdogan untuk mengadakan referendum pada 16 April nanti. Referendum yang akan semakin membuka jalannya menjadi penguasa Turki hingga akhir hayatnya.

Atas situasi tersebut, kerajaan Turki pun membalas sikap Belanda dengan cara 'membekukan' kedutaan dan konsulat Belanda yang ada di negaranya sehingga diadakan suatu pertemuan bagi merungkaikan masalah tersebut.Serentak dengan itu, Erdogan telah melabel Belanda sebagai negara fasis dan peninggalan Nazi.

Mendengar tuduhan tersebut, Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte agak terkesan. Ia paham bahawa pemerintah Turki marah atas insiden tersebut, namun mengganggap bahwa tuduhan Erdogan sudah di luar batas. Belum diketahui bagaimana sikap lanjutan kedua negara ini.

Konflik Korea Utara VS Malaysia

Hubungan diplomatik kedua negara ini sejak kebelakangan ini telah memanas. Penyebabnya adalah skandal pembunuhan Kim Jong-Nam yang terjadi di KLIA Kuala Lumpur.
Konflik PD3
Pemerintah Korea Utara marah karena tak dilibatkan dalam penyiasatan dan menuduh Malaysia sebagai proksi bagi musuh-musuh Korea Utara di luar sana. Malaysia agak berang dengan tuduhan tersebut dan tyindakan  Korea Utarayang melarang warga negara mereka untuk keluar dari negara komunis itu.

Konflik Rusia VS Ukraine

Sejarah pertikaian antara kedua negara ini cukup panjang sebenarnya. Kedua negara ini adalah merupakan bahagian dari pecahan negara Soviet Union. Ukraine sendiri terbahagi secara geopolitik dengan Ukraine Barat yang lebih condong ke Poland dan Ukraina Timur yang cenderung  dengan Rusia, karena memang banyak warga keturunan Rusia di sana.
Konflik PD3
Wilayah Crimea yang kini merupakan bahagian dari Ukraine, menjadi wilayah yang penting karena di sana terletak pangkalan tentera laut milik mereka. Di ibu kotanya sendiri gelombang tunjuk perasaan pernah terjadi, yang pada saat itu militan pro-Rusia mengepung pejabat/perniagaan dan mengganti pemerintahan Crimea mengikut acuan Rusia.

Sejak saat itu, beerlaku konflik antara pemberontak Pro-Rusia dan tentara upahan Rusia melawan tentera Ukraine di wilayah Ukraine timur yang sudah dimulai pada 5 April 2014,hingga kini.

Konflik Korea Selatan VS Korea Utara

Hubungan dua negara ini juga sama-sama telah cacat sejak dulu. Dimulai pada tahun 1950 di mana tentera Korea Utara menyeberangi perbatasan dan mengintip Korea Selatan. Tindakan ini telah menyebabkan perang Korea yang berlangsung selama tiga tahun dan merenggut sekitar 3 juta nyawa. Pada tahun 1953, dilakukan gencatan senjata.
Konflik PD3
Kemudian, pada era kini, Korea Utara kembali mencipta provokasi dengan melakukan berbagai ujian nuklear sejak 2006 dan  statistik telah dilakukan sebanyak lima kali dengan bermacan efek ledakan. Kesal dengan tindakan egois mereka, Korea Selatan telah berkali-kali mengecam ujian yang mereka lakukan. Yang paling diingat adalah ancaman Korea selatan untuk 'menghanguskan' Pyongyang, ibu kota Korea utara, seandainya negara itu tak mematuhi saranan PBB.

Konflik Saudara Syria

Beberapa negara Barat dan kelompok NATO menuding bahawa pasukan militan syria dan pemerintah Rusia bertanggung jawab atas serangan yang menggempur orang awam di wilayah pemberontak, Aleppo. Tempat-tempat berlangsungnya aktiviti para warga sepertihospitant, gedung perniagaan, dan kawasan awam lainnya, kini telah musnah.
Konflik PD3
Bukan rahasia lagi jika dilihat presiden Assad mendapat sokongan dari Rusia. Konflik ini bukan hanya soal Syria saja, namun pada level tertinggi telah melibatkan Amerika Syarikat dan Rusia. Rusia menyokong Bashar, sedangkan AS meminta agar presiden tersebut berundur bagi meredakan konflik yang terus berkepanjangan ini.

Ironinya, keterlibatan Rusia banyak ditentang oleh warganya. Bahkan, dalam sebuah survey yang dilakukan, 48% warga Rusia percaya bahwa penglibatan pemerintah mereka dalam konflik Syria mungkin menjadi puncaPerang Dunia III.

Perang Dunia bukan perkara remeh. Bahkan, dalam survey lain yang dilakukan, majoriti warga Rusia, yang diketahui merupakan salah satu negara yang memiliki ketumbukan terkuat tentera di dunia, juga takut jika seandainya Perang Dunia ketiga benar terjadi. Bagaimana dengan negara kita? Apa saja yang telah kita persiapkan seandainya Perang Terbesar ini kembali terjadi?



0 comments:

.

.