Sunday, 26 March 2017

Fakta tentang Korea Utara


korut-semestafakta

1. Korea Utara sedikit lebih kecil dari Mississipi. Korea Utara hampir 55% merupakan semenanjung Korea, meliputi 46.540 mil persegi (120.538 km) dari 85.052 mil persegi luas semenanjung (220.283 km2).

2. Wujud pada tahun 1948, nama resmi Korea Utara adalah Republik Demokratik Rakyat Korea  (Democratic People’s Republic of Korea/DPRK). Nama tempatan Korea Utara adalah Choson-minjujuui-inmin-koughwaguk atu Choson (Negeri Pagi yang Tenang).

3. Ketika Jepun meyerah kepada pasukan Sekutu pada 15 OGOS 1945, presiden Amerika, Truman dan pemimpin Soviet, Stalin sepakat bahwa Amerika untuk sementara akan bertindak sebagai pengawas separuh bagian selatan Korea dan Soviett akan bertindak sebagai pengawas separuh bagilagi bahagianan utara Korea. Langkah sementara ini akhirnya menjadi ketetapan pada tahun 1948 ketika Korea Utara mengisytiharkan diri sebagai negara merdeka yang berdaulat yang berdasarkan sistem Komunisme.

4. Korea Utara mengalami penggondolan hutan yang cepat, sehingga artileri jarak jauhnya boleh kelihatan yang sebelumnya tertutup oleh pepohonan. Penggondolan hutan adalah salah satu krisis utama yang dihadapi Kore Utara.

5. Walaupun wilayahnya lebih kecil, Korea Selatan mempunyai jumlah penduduk lebih banyak daripada Korea Utara.

6. Presiden dan penubuh DPRK, Kim Il-sung (1912-1994) mempunyai anak Kim Song-ju, tetapi pada tahun 1935 menggunakan nama Kim Kim Il-sung, yang artinya “menjadi matahari”.

korut2-semestafakta

7. Istilah Korea, dipercayai diperkenalkan Marco Polo dari Eropah, bermakna “negeri gunung tinggi dan cahaya yang berkilauan”

8. Di Korea tidak ada perayaan Natal. Sebagai gantinya dia memperingati kelahiran ibu presiden Kim Jong-il pada tanggal 24 Desember. Korea Utara juga tidak merayakan Hari Valentine, sebagai gantinya dia merayakan “Hari Ulang Tahun Umum” pada 16 Februari. Hadiah Valentine yang paling populer diantara pasangan adalah kotak “lencana Partai Pekerja”.

9. walaupun penduduk Korea Utara dan Selatan itu satu bahasa, satu sejarah, dan satu dasar budaya yang sudah ada sejak 5000 tahun, tetapi keduanya tetap berspisah sejak 1948.

10. Jepun dan Rusia adalah yang pertama menyarankan pemisahan Korea pada tahun 1896 sebagai cara untuk mengurangi ketegangan antara dua negara tersebut. Namun, Jepun menguasai seluruh negara tersebut pada tahun 1904.

11. Titik tertinggi Korea Utara (pada kenyataannya di seluruh Kore) adalah Gunung Paektu (“Gunung Salju Abadi) yang tingginya 9003 kaki (2744 m). gunung tersebut dikatakan keramat oleh seluruh rakyat Korea dan menurut legenda merupakan tempat lahirnya peradaban Korea.

korut3-semestafakta

12. Pemerintah Korea Utara secara ketat mengawal seluruh tingkat pendidikan. Tingkat kemampuan membaca anak berusia 15 tahun ke atas di Korea Utara adalah 99%.

13. Korea Utara mempunyai “JabatanPropaganda dan Agitasi” yang mengawal seluruh komunikasi. Pemerintah melarang dan menekan seluruh penyiaran asing, dan seluruh stesyen radio dan televisyen disiarkan oleh pemerintah.

14. Korea Utara memperkerjakan tenaga kerja wanita sebanyak 49%. Pekerja wanita memperoleh upah lima bulan cuti bersalin, dan jika memiliki tiga anak atau lebih, dia memperoleh upah lapan jam untuk enam jam kerja per hari. Pada tahun 1990-an banyak wanita Korea memegang jawatan dalam kerajaan dibandingkan wanita Amerika.

15. Korea Utara secara resmi menyembah Kim Jong-il, pemimpin de facto Korea Utara (pemimpin resminya adalah masih ayahnya, Kim Il-sung yang meninggal pada tahun 1994). Menurut cerita penduduk Korea Utara, bahwa Kim Il-sung  lahir di Gunung Paektu, seperti dewa mistis. Namun laporan Rusia memperlihatkan bahwa Kim Il-sung sebenarnya lahir di Siberia.

korut4-semestafakta

16. Tinggi Kim Jong-il hanya 52 inci. Dia memakai bantalan empat inci di bawah kasutnya untuk mengimbangi tubuhnya yang pendek.

17. Kim Jong-il mempunyai koleksi lebih dari 20000 film, termasuk mengkoleksi seluruh film James Bond.

18. Kim Il-sung (1912-1994) mendirikan idenya sendiri tentang Komunisme yang dinamakan juche sasang (ideologi percaya diri) yang mengkombinasikan antara teori Marx dengan Lenin untuk kepentingan politik Korea Utara. Meskipun juche pada awalnya merupakan ideologi politik, tetapi sekarang terdaftar sebagai agama terbesar kesepuluh di dunia.

19. Usia rata-rata orang Korea Utara adalah 61 tahun untuk laki-laki dan 66 tahun untuk perempuan.

20. Pada bulan Julai 2010 penduduk Korea Utara adalah 22,757,275. Amerika adalah negara berpenduduk terbanyak ke-3 di dunia dengan 310.232.863. china adalah negara berpenduduk terbanyak di dunia dengan jumlah penduduk lebih dari 1 million.

21. Bendera Korea Utara digunakan pada tahun 1948 dan bergambar bintang merah di dalam pita merah besar dan dua pita putih dan biru yang lebih tipis di atas dan di bawah bendera. Bintang merah melambangkan sosialisme, pita merah menyimbulkan revolusi, dan pita putih yang kecil menyimbulkan kesucian, kekuatan, dan gengsi. Pita biru melambangkan kedaulatan, kedamaian, dan persahabatan.

22. Korea Utara mempunyai tiang bendera terbesar di dunia dengan tinggi 525 inc. Bendera tersebut seberat sekitar 600 pound.

23. Korea Utara mempunyai tiga host internet. Amerika memiliki host internet terbesar dunia dengan jumlah 439 juta.

24. Sudah bertahun-tahun Korea Utara telah terlibat dengan pengiriman besar heroin dan methamphetamin. Pada bulan April 2003 kapal dagang Pong Su berusaha mengirimkan 150 kg heroin ke Australia.

25. Hanya ada satu parti politik di Korea Utara. Partai Buruh Korea (Korean Workers Party/KWP). Anggota partai tersebut harus memakai lencana “Pemimpin Besar” (Kim Il-sung) pada setiap waktu.

26. Korea Utara mempunyai kekuatan tentera terbesar ke-4 dunia, berjumlah 10 juta. Dengan satu dalam setiap 25 penduduk didaftarkan sebagai tentara, Korea Utara mempunyai peratusan penduduk sebagai tentera per kapita tertinggi di dunia. Pada tahun 2001, Korea Utara menghabiskan lebih dari $5 million untuk tentera, lebih dari 30% dari GDP negaranya. Amerika menghabiskan sekitar 3,7%.

korut5-semestafakta

27. Korea Utara diyakini mempunyai cukup plutonium untuk membangun senjata nuklear dan menjadikannya sebagai negara nuklear. nuklear Korea Utara sebagai pemicu perlumbaan senjata di Asia Timur.

28. Menurut perisikan Amerika, Korea Utara dapat menembakkan peluru berpandu yang dapat menjangkau Alaska, Hawai, dan pantai Barat Amerika. Korea Utara mempunyai sekitar 5000 pound senjata biologi dan kimia.
korut6-semestafakta

29. Berbeda dengan Korea Selatan yang GDP perkapitanya $18.000, GDP Korea Utara hanya $1000.

30. Kim Il-sung mempunyai daging tumbuh kalsium besar di lehernya yang tidak dapat dibedah yang masih dapat terlihat di tubuhnya yang diawet, yang dipamerkan di Istana Peringatan Kumsusan (Kumsusan Memorial Palace). Karena penampilannya yang tidak enak dipandang, dia selalu difoto dari sebelah kiri.

31. Setelah banjir pada tahun 1995, Korea Utara menderita kelaparan, yang menurut laporan Amerika, sekitar 275000 orang meninggal dunia. Lebih dari 13 juta orang, termasuk 60% anak-anak Kore Utara masih menderita kekurangan gizi.

32. Khidmat negara (latihan tentera) diwajibkan di Korea Utara dan ditempuh selama 5 tahun menjadi tentara darat atau laut atau 3 sampai 4 tahun di angkatan udara.

33. Berbeza dengan di Amerika, di mana penduduknya duduk , Korea Utara dan Korea Selatan berdiri ketika sedang bermain game.

34. Lapangan Kim Il-sung di ibukota Pyongyang lebih besar daripada Lapangan Merah Moscow.

35. Zon bebas tentera di Korea Utara adalah sempadan yang paling ketat penjagaannya di dunia.

36. Tinggi menara Juche Idea adalah 558 m dan dibangun untuk memperingati ulang tahun ke-17 Kim Il-sung. Menara tersebut ditutup dengan 25550 keping batu, yang merupakan jumlah hari dari kehidupan Kim Il-sung.

korut7-semestafakta

37. 60% hingga70% para penyeberang Korea Utara ke China adalah wanita, dan 70% sampai 80% mereka menjadi korban kejahatan perdagangan manusia. Jika pemerintah China menangkap mereka, mereka akan dikirim kembali ke Korea Utara dan akan dihukum. Semua bayi yang berayah China akan dibunuh dan kalau masih dalam kandungan maka akan dipaksa untuk digugurkan.

38. Korea Utara adalah sumber utama perdagangan manusia di China. Harga untuk wanita Korea Utara di China dari beberapa ratus dollar sampai $2000. Mereka sering dijual kepada petani atau kepada orang tua atau orang cacat.

39. Manjoko (“team kepuasan”) terdiri dari para gadis muda yang mendapatkan latihan praktik seks untuk memuaskan kalangan pejabat tinggi Korea Utara.

40. Pengantin baru di Korea Utara akan berjanji patuh kepada Kim Il-sung dan Kim Jong-il. Mereka akan memberi hadiah di kaki patung Kim Il-sung.

41. Berbeda dengan teori masyarakat sosialis , Korea Utara membagi penduduknya menjadi tiga kelas sosial: kelas Loyal (orang teratas , yaitu keluarga dari pahlawan perang), kelompok biasa, dan kelas tidak loyal (yaitu yang memihak Jepun sebelum Perang Dunia II atau anggota keluarganya melarikan diri dari Korea Utara). Orang yang dalam kelompok tidak loyal dipaksa bekerja di pertambangan atau pertanian.

42. Yang berkuasa di Korea Utara adalah pemerintah dan tentera.

43. Mata wang Korea Utara adalah Won, dari yuan China dan yen Jepang. Dalam usaha mengawal kadar tukaran pada tahun 2009, Korea Utara menilai ulang won dengan mengganti wang kertas 1000 won menjadi wang kertas 10 won dan mengawal ketat jumlah mata wang lama yang akan digunakan. Gerakan ini efektif merosak banyak jumlah simpanan orang.


45. Korea Utara menghitung perjalanan tahun dengan kalender juche. Dalam kalender ini, tahun 1 adalah 1912, tahun kelahiran Kim Il-sung. Tahun 2010 dalam kalender juche adalah tahun 99 dan akan ditulis menjadi Juche 99 (2010) atau Juche 99, 2010.

46. Satu-satunya cara bagi warga untuk meninggalkan Korea Utara adalah dengan melarikan diri ke utara melewati sempadan China atau Rusia, melewati garis batas sempadan yang dipasang ranjau, atau dengan naik boat ke Jepun. Pada tahun 2006, sekitar 40000 – 5.000 warga Korea utara diyakini hilang di China. Jika mereka ditemukan, pemerintah China akan memulangkan mereka ke Korea Utara.

47. Pemerintah Korea utara membayar untuk semua perawatan kesehatan, meski sekarang sedang menderita beberapa kekurangan peralatan perubatan. Di beberapa rumah sakit, peralatan bedah tidak digunakan karena para dokter dan perawat tidak tahu bagaimana cara menggunakannya.

48. Pelat cetak Jikji adalah bukti tertua dari cetakan metal yang dapat digerakkan di dunia. Pelat   tersebut digunakan untuk mencetak buku di Cheongju, Korea, pada tahun 1377, mendahului 78 tahun buku Gutenberg.
korut9-semestafakta

49. Sejak tahun 1972, atlet olimpik Korea Utara meraih sembilan emas, 12 perak, dan 17  gangsa. Mereka juara dalam tinju, angkat besi, judo, dan gusti. Salah satu atlet olimpik Korea Utara adalah Kye Sun Hui. Pada tahun 1996, pada usia 17 tahun, dia menjadi atlet termuda yang memenangkan medali emas dalam judo.

50. Keluarga Korea Utara rata-rata mempunyai dua anak.

51. Korea Utara adalah negara Stalinis terakhir di dunia.

52. Korea Utara diterima menjadi anggota PBB pada tahun 1991

53. Setelah kematiannya, Kim Il-sung dideklarasikan sebagai “presiden abadi” negara.

54. Korea Utara mempunyai laporan hak asasi terburuk dari semua negara. Penangkapan sewenang-wenang, tidak ada perlindungan, dan hukuman awam adalah sebagai norma.

55. Di kota-kota besar Korea Utara, kaum wanita tidak diperbolehkan memakai seluar panjang atau membawa kenderaan.

56. Korea utara mempunyai banyak sumber daya mineral semenanjung, seperti bijih besi berkualiti  tinggi,  batubara muda, batu fosfat, timah, emas, perak, dan tembaga.

57. Sekalipun Perjanjian Armistice pada tahun 1953 telah mengakhiri Perang Korea, baik Korea Utara maupun Korea Selatan menandatangi perjanjian damai, namun mereka masih berperang.

58. Di Korea Utara, ada satu dokter untuk setiap 700 orang dan satu katil hospital untuk setiap 350 orang. Tingkat kematian bayi adalah 51.34/1,000.

59. Korea Utara menduduki ranking kedua terakhir dalam Indeks Kebebasan akhbar Dunia. (Eritrea adalah yang terakhir).

60. Para penyeberang Korea Utara menggambarkan kehidupan kem penjara, dimana siksaan, pemerkosaan,  dan pembunuhan bayi, kerja paksa sering terjadi.

61. Korea Utara menyebut Perang Korea sebagai Perang Pembebasan Tanah Air, sedangkan Amerika menyebutnya dengan Perang Yang Terlupakan atau Perang Yang Tidak Dikenal. Korea Selatan menyebutnya dengan Perang 6-2-5 (yuk-i-o jeonjaeng) yang merujuk pada tanggal permulaan perang, 5 Juni.

0 comments:

.

.